3.03.2011

Mengenal Lebih Jauh Chemical Peeling

Apakah hadirnya bercak-bercak hitam, kulit kusam akibat paparan matahari, kerutan hingga garis halus di sekitar bibir dan mata mengganggu Anda? Kini makin banyak perawatan pengelupasan kulit wajah yang dikenal dengan Chemical Peeling ditawarkan di berbagai salon ataupun klinik kecantikan.

Apa sih sebenarnya Chemical Peeling itu?
Proses Chemical Peeling dilakukan melalui beberapa tahap dan wajib ditangani oleh dokter ahli.
  • Wajah akan dibersihkan dari segala jenis kotoran dan minyak.
  • Mengaplikasikan bahan kimia, seperti glycolic acid, trichloroacetic acid, salicylic acid, lactic acid, or carbolic acid (phenol).
Sebelum perawatan, dokter akan meminta pasien untuk menghentikan segala konsumsi obat dan antibotika agar proses berjalan cepat. Dan sewaktu menjalan chemical peeling, kulit akan terasa seperti disengat. Selanjutnya akan terasa lebih dingin setelah dikompres dengan air dingin.

Efek dari perawatan tergantung pada level pengobatan yang dipakai
Pada perawatan mild-peeling, kulit akan menjadi kemerahan dan bisa bertahan sampai tujuh hari. Bila ingin melanjutkan perawatan sebaiknya dilakukan setelah satu sampai empat minggu kemudian.
Sementara perawatan medium-depth akan menyebabkan pembengkakkan pada kulit yang bertahan sampai dua minggu. Perawatan selanjutnya (bila perlu) dilakukan setahun kemudian.

Hasil yang dijanjikan Chemical Peeling adalah berubahnya warna kulit menjadi lebih terang. Pasalnya, pasien terus mengkonsumsi obat-obatan yang akhirnya menyebabkan adanya proses perubahan pigmentasi.  Resiko lainnya adalah adanya bekas luka tipis yang akan ditangani lebih lanjut oleh dokter dan biasanya menghasilkan kualitas kulit yang lebih baik dari sebelumnya. Untuk pasien dengan sejarah penyakit kulit seperti herpes, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter dan akan ada obat yang harus dikonsumsi terlebih dahulu.

sumber : sehatplus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar